Kegiatan Freelance Front-End Developer

Kegiatan Freelance Front-End Developer

Kenapa gambarnya desktop Ubuntu ?

Ya benar, saya menggunakan Ubuntu. Sudah setahun lebih saya menggunakan Ubuntu, dan masih nyaman dengan Ubuntu. Saya mulai menggunakan ubuntu ketika belum menjadi Front-End Developer, dan mulai menggunakannya pertengahan tahun 2015 seperkiraan saya. Saat ini saya menggunakan Ubuntu versi 16.04 LTS 64bit.

Update 29/Jan/2017

Saya sekarang menggunakan Windows 8.1 64bit sebagai sistem operasi utama saya. Karena kebutuhan sekarang memang lebih optimal menggunakan Windows dari pada Ubuntu.

Lanjut ke topik utama. Kebutuhan utama freelance saya yaitu internet (saya pakai XL/Tri, internetnya saya teathering dari Android saya, jadi saya gak pakai modem/wifi untuk internetan di laptop, tapi diteathring dari Android saya supaya hemat, jadi hanya beli satu paket interrnet saja.), laptop (merk Lenovo G40-30, RAM 2GB, Processor Intel Celereon), serta smartphone Android 4 inch saya Lenovo A319 untuk berkomunikasi dengan WhatsApp dan lain-lainnya.

Selanjutnya saya pakai web browser paling populer Google Chrome. Untuk koding, saya menggunakan text editor open source dari GitHub. Atom. Atom juga sangat enak sekali walaupun masih berat dengan spesifikasi laptop saya yang masih rendah ini, tetapi masih enak lah.

Untuk Front-End Development, tentunya saya memakai web framework Bootstrap untuk mendesain tampilan web. Saya juga sudah lumayan lama menggunakan Bootstrap sekitar pertengahan 2016 sudah mulai serius menggunakan Bootstrap. Untuk library lainnya, saya pakai Font-Awesome, Google Fonts, dan lain-lainnya.

Untuk mendapatkan projek, saya memanfaatkan situs freelance lokal seperti Projects.co.id & Sribulancer.com, tetapi untuk Sribulancer.com saat ini belum pernah mendapatkan satu projekpun, sedangkan di Projects.co.id saya sudah mendapat 12 projek, serta saya juga mendapatkan client tetap yang mau mentransfer langsung pembayaran ke rekening pribadi saya.

Entah kenapa saya belum mendapatkan projek satupun di Sribulancer.com, saya sudah pernah hampir juga mendapatkan projek hingga di inbox oleh owner projeknya, tetapi ya belum dapat juga. Jadi saya kebanyakan fokus ke Projects.co.id.

Ada juga situs freelance luar seperti Upwork dan Freelancer.com, tetapi saya mau memantapakan di lokal dulu, mungkin beberapa waktu lagi saya akan mencoba Upwork dan Freelancer.com, dan ada kendala juga sebenarnya di pembayaran, karena saya tidak punya kartu kredit untuk verifikasi PayPal, mungkin akan beli VCC saja di kesempatan lainnya.

Nah kebanyakan saya komunikasi dengan client untuk report progress, melalui WhatsApp untuk memberi kabar, dan Gmail untuk mengirim file, guide, briefing, dan lain-lainnya.

Kegiatan freelance saya juga banyak dan sangat detil, banyak hal yang tak terpikiran sekarang oleh saya, tetapi dilakukan di dunia freelance. Dan freelance dibidang lain juga pasti berbeda, seperti freelance Content Writting, Back-End Developer dan Full-Stack Developer.

2 Replies to “Kegiatan Freelance Front-End Developer”

  1. wahh mantap mas, sukses terus ngefreelance nya 🙂

    1. Ryan Rahman Setiawan says: Balas

      Terima kasih gan 🙂

Tinggalkan Balasan